Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Perbedaan RAM & ROM pada Android

Kaum digital yang budiman..

Pada dasarnya produk Android wajib menggunakan RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).

Jelas dari fungsi kegunaannya sangat berbeda karena RAM hanya bisa menyimpan data sementara sedangkan ROM (Read Only Memory) bisa menyimpan data secara permanen. Berikut dibawah ini akan dijelaskan perbedaan antara RAM dan ROM :

1. Kebutuhan Akan Arus Listrik

Dari segi kebutuhan listrik RAM Hp membutuhkannya, karena tanpa aliran listrik otomatis ia tidak bisa mengedit dan menyimpan data sehingga memori yang ada didalamnya otomatis akan hilang. Berbeda dengan ROM Hp yang bisa bekerja terus menerus walaupun tanpa aliran listrik dan selalu bisa membaca bahkan menyimpan data.

Sumber : pixabay.com

2. Data yang Selalu Disimpan

Dari segi penyimpanan data RAM Hp hanya menyimpan data sementara. Data yang disimpannyapun tergantung sistem dan aplikasi yang sedang dijalankan. Kalau semakin banyak aplikasi yang dijalankan, maka banyak juga data yang disimpannya walaupun hanya sementara. Berbeda dengan ROM Hp yang bisa menyimpan data secara permanen walaupun Hp sudah dimatikan. Data yang ada pada ROM ini bisa dibaca tetapi tidak bisa dihapus.

Jika kita simpulkan maka perbedaan RAM dan ROM yang sangat terlihat adalah dari cara menyimpan datanya. RAM menyimpan data acak hanya sementara saja dan ROM menyimpan data lengkap secara permanen.

3. Kapasitas RAM vs ROM

Dikarenakan tugas RAM lebih ringan hanya menyimpan data sementara maka kapasitasnya lebih kecil dari pada ROM. Jikalau kita telusuri saat ini rata – rata Hp Android memakai RAM 2 GB sampai 8 GB. Dan jika kita bandingkan ROM nya, maka rata – rata Hp Android saat ini memakai ROM 16 GB hingga 512 GB. Ini disebabkan karena selain ROM menyimpan data – data system secara permanen juga menyimpan data diluar system seperti foto, video dan lain – lain. Inilah yang menyebabkan perbedaan yang signifikan antara RAM dan ROM sesuai dengan fungsinya masing – masing yang memang mempunyai tugas yang berbeda. Jadi jika kita menemukan atau melihat Hp Android saat ini yang bertuliskan “8GB/128GB” berarti Hp Android tersebut mempunyai RAM 8 GB dan ROM 128 GB.

Contoh RAM dan ROM di Hp Android 

Kita ambil contoh pada Hp Android atau Smartphone salah satu produk merek ternama Samsung Galaxy Note 9. Smartphone ini menggunakan RAM sebesar 8GB yang artinya Hp Android Samsung Galaxy Note 9 ini mampu menampung atau menyimpan sementara data dari aplikasi dan system sebanyak 8 GB. Jika kita lihat standar rata – rata saja hanya dengan RAM 2 GB saja Hp Android atau Smartphone anda sudah mampu menjalankan fungsi dan tugasnya dengan baik dan lancar. Memang untuk sekelas Hp Android Samsung Galaxy Note 9 ini sangat luar biasa karena dengan RAM nya yang 8 GB mempunyai kemampuan 4 kali lipat dibanding Hp Android yang hanya menggunakan RAM 2 GB.

Sekarang kita lihat ROM dari Hp Android atau Smartphone Samsung Galaxy Note 9 yang memakai kapasitas ROM sebesar 512 GB. Kalau kita membaca ulang penjelasan tersebut diatas tadi dimana tugas ROM menyimpan data secara permanen baik data dalam system maupun data diluar system maka ukuran memori ini adalah sangat besar. Jika dibandingkan dari Hp Android atau Smartphone lain yang kapasitas ROM nya 64 GB maka Smartphone Samsung Galaxy Note 9 berkapasitas simpan data 8 kali lipat.

Itulah pembahasan Perbedaan RAM dan ROM pada Android. Semoga bermanfaat bagi kita semua ya. Salam sehat dan sukses selalu.

2 komentar untuk "Bagaimana Perbedaan RAM & ROM pada Android"