Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian RAM dan ROM di smartphone android

Kaum digital yang budiman... 

Anda pasti tidak asing lagi dengan istilah nama RAM dan ROM kalau anda sering membaca artikel review tentang handphone Android di portal berita atau Blog. 

Istilah RAM  di smartphone itu apa ya, kemudian Istilah ROM di smartphone itu apa. Adakah perbedaannya antara istilah RAM dan ROM. Kemudian cara kerjanya RAM dan ROM seperti apa ya. Semua pertanyaan diatas tersebut akan kita bahas satu persatu, namun sebelum itu kita perlu tahu dulu jikalau RAM dan ROM merupakan fitur yang sangat penting yang harus ada dalam sebuah smartphone android. Jika RAM dan ROM tidak terpasang pada sebuah smartphone android anda, maka perangkat yang anda miliki tersebut tidak akan berfungsi sama sekali. Kemudian selain itu RAM dan ROM juga merupakan dasar penilaian dari kemampuan dan kecanggihan handphone android atau smartphone yang anda miliki. Untuk itu kita perlu memahami dan mengerti tentang RAM dan ROM pada sebuah smartphone android.

sumber : pixabay.com

1. Pengertian Dan Fungsi RAM di smartphone Android

Merupakan kepanjangan dari Random Access Memory adalah singkatan dari RAM. 

Yaitu sebuah perangkat memori yang tugasnya menyimpan sementara data perintah dari sistem atau aplikasi pada sebuah smartphone android. Selain itu juga bertugas menyimpan data dari aplikasi pada saat aplikasi sedang digunakan. Sehingga dengan menggunakan fitur RAM ini, maka aplikasi dan sistem bekerja dengan baik, lancar serta dapat merespon perintah pengguna dengan cepat.

RAM ini juga dapat menyimpan data dan perintah dari program yang sifatnya berubah-ubah atau tidak tetap sehingga RAM ini memang sangat dibutuhkan pada saat penyimpanan data-data program ketika aplikasi smartphone android sedang digunakan. Dan saat tidak memakai aplikasi, maka otomatis data di dalam RAM akan terhapus.

Jadi fungsi RAM di smartphone android sedang digunakan adalah :

  • Hanya bisa menyimpan data-data untuk sementara waktu dari aplikasi dan sistem pada saat digunakan.
  • Pada saat digunakan ternyata tiba – tiba listrik mati atau terputus, maka RAM yang terisi tadi akan terhapus otomatis saat aplikasi sedang digunakan sehingga semua memori di dalam RAM akan hilang
  • Hanya untuk menjamin bahwa aplikasi dan sistem dapat berjalan dengan baik, lancar serta responsive pada saat digunakan.


2. Pengertian Dan Fungsi ROM di smartphone Android

Merupakan kepanjangan dari Read Only Memory adalah singkatan dari ROM.

Karena ROM adalah perangkat memori bertugas menyimpan dan membaca data, maka ROM Hp menyimpan data-data program secara permanen sehingga tidak gampang terhapus dan hilang. ROM smartphone android ini akan menyimpan data – data baik perintah aplikasi dan system secara permanen. Selain itu ROM smartphone android ini juga dapat menyimpan data-data di luar sistem seperti misalnya music, video, foto - foto, dan lain- lain.

Jadi Fungsi ROM di smartphone android sedang digunakan adalah :

  • Dapat membaca dan menyimpan data secara permanen sehingga tidak otomatis gampang terhapus pada saat tiba – tiba mati lampu atau listrik padam atau saat aplikasi tidak digunakan (ditutup) dan ROM kehilangan daya listrik.
  • Bisa membaca dan menyimpan data sistem, aplikasi, bahkan di luar sistem yang sifatnya permanen seperti misalnya music atau lagu, video atau film, foto - foto, dokumen - dokumen, dan masih banyak lagi yang lain.

Demikian Pengertian Dan Fungsi RAM dan ROM di smartphone android . Semoga menjadi pengetahuan yang menginspirasi dan bermanfaat bagi semua orang. Salam sehat dan sukses.






Posting Komentar untuk "Pengertian RAM dan ROM di smartphone android "