Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah dan pemahaman tentang android

Kaum digital yang budiman..

Operating system atau sistem operasi berbasis mobile merupakan alat yang sangat banyak digunakan orang sekarang ini terutama pada telepon pintar (smartphone) ataupun tablet yang biasa disebut orang Android.

Android diperkenalkan pada tahun 2007 yang mempunyai beberapa macam versi atau varian hingga versi yang terbaru adalah versi OS Android 11 yang diperkenalkan pada tahun 2020 lalu.

Tidak seperti sebelumnya nama varian atau versi Operating system ini selanjutnya hanya memakai nama versi atau varian berdasarkan urutan angka, yakni versi android 11, 12 dan seterusnya. Karena sebelumnya menggunakan nama-nama makanan penutup, seperti cupcake, nougat, donut dll.

sumber : pixabay.com

Pemahaman Android

Android adalah Operating system (OS) atau sistem operasi dengan basis kernel Linux agar dapat menopang kinerja perangkat elektronik dengan teknologi layar sentuh seperti yang terdapat pada tablet atau smartphone. Sehingga hanya dengan metode sentuh, gesek dan ketuk layar tablet atau smartphone kita, maka Android yang kita pakai sudah bisa berfungsi.

Sifat dari OS ini adalah bebas digunakan (tanpa lisensi/ gratis) dalam pengembangan di perusahaan teknologi yang ada, sehingga bisa dimodifikasi, diperbaiki dan didistribusikan oleh para pembuat ataupun pengembang perangkat lunak (Open Source).

Demikian pula dengan kode-kode sumber yang dikeluarkan google, maka para pembuat aplikasi bebas membuat aplikasi sehingga jutaan support aplikasi gratis dan berbayar yang dapat diunduh melalui google play atau play store.

Sejarah Tentang Android

Para pencipta Android, yaitu Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White tahun 2003 awalnya merancang Android untuk digunakan pada perangkat kamera digital. Dikarenakan pangsa pasarnya tidak terlalu luas sehingga akhirnya operating system (OS) ini dialihkanlah ke pengguna smartphone atau  ponsel pintar.

Mulai dipasarkan di tahun 2004, dengan saingan smartphone berbasis sistem operasi Symbian dan Windows Mobile, pencipta Android Andy Rubin dan partner-nya sulit mendapatkan investor.

Suntikan dana sebesar 10.000 dolar Amerika dari Steve Perlman, yaitu seseorang yang kala itu ingin membantu Andy Rubin membuat keberhasilan bagi Android. Dengan uang sebesar 50 juta dolar Google mengakuisisi Android Inc. pada bulan Juli 2005.

Google akhirnya membuat prototype setelah membeli Android tersebut yang sebelumnya para pendiri Android telah bergabung dengan Google dan memimpin proyek ini. 

Prototype Android tersebut terus tersiar hingga Desember 2006 yang merupakan smartphone yang memiliki keyboard, seperti punya Blackberry. Sehingga perusahaan Apple tak disangka-sangka merilis iPhone dengan desain smartphone yang hampir seluruh permukaannya menggunakan layar sentuh pada tahun 2007.

Untuk pengembangan smartphone Android ini kedepannya, Google memikirkannya mengingat prototype tersebut tanpa layar sentuh sama sekali (hanya menggunakan keyboard manual saja). Sehingga pada tahun 2008 Google juga merilis ponsel dengan layar sentuh, yaitu HTC Dream atau T-Mobile G1 demi menyaingi iPhone, Nokia dan Balckberry, agar tidak kalah dengan kompetitornya tersebut.

Masa Kejayaan Android

Pada tahun 2010 berdasarkan data dari Kleiner Perkins, untuk pertama kalinya Android menguasai pasar hingga sekarang yang sebelumnya dikuasai Apple dan iPhone-nya. Ini disebabkan karena iPhone kalah dari ketersediaan smartphone dan harganya. Sementara dengan sistem operasi atau OS Android ini yang merupakan sistem operasi Open Source (bebas digunakan, dimodifikasi, diperbaiki dan didistribusikan oleh para pembuat ataupun pengembang perangkat lunak) ketersediaan smartphone dan harganya lebih aman dipasaran jika dibandingkan dengan Apple dan iPhone-nya.

Kesimpulan

Android adalah sistem operasi atau operating system (OS) yang digunakan dalam perangkat elektronik hanya dengan metode sentuh, gesek dan ketuk layar pada tablet atau smartphone.

Operating system (OS) atau Sistem Operasi adalah aplikasi yang mengatur seluruh sumber daya dalam perangkat elektronik, mulai dari manajemen memori, aplikasi, tampilan antarmuka dan lain sebagainya.

Demikian pemahaman tentang Android. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Salam sehat dan sukses selalu.


1 komentar untuk "Sejarah dan pemahaman tentang android"