Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabar yang baik kenaikan harga CPO awal bulan februari 2021

Firdipedia.com - TETAP OPTIMIS, Awal bulan februari 2021 minyak kelapa sawit mentah atau yang biasa disebut (Crude Palm Oil/CPO) beranjak naik. Akan tetapi bulan sebelumnya sempat terkoreksi untuk harga CPO ini, sehingga menimbulkan kekhawatiran sementara bagi industri perkebunan kelapa sawit.

Pada awal minggu ini, harga CPO untuk di Bursa Malaysia saja sudah melesat 6,34% secara point-to-point. Harganya sudah mendekati MYR 3.500/ton, sungguh hal yang menggembirakan.

Sumber : nst.com.my

Pada bulan pertama 2021, harga CPO turun 3,05% secara point per point. Awal tahun 2021 sempat menunjukkan pergerakan harga yang kurang meyakinkan. Namun bulan ini dan kedepan, harga CPO diperkirakan bisa naik. Bak dewa penolong, penyebabnya adalah perkembangan di India yang akan tetap memberi dorongan terhadap harga komoditi minyak kelapa sawit.

Sebelumnya yang sudah diketahui  bahwa pemerintah India menurunkan bea masuk bagi impor CPO. Tarif bea masuk turun dari USD 1.049 per ton menjadi USD 1.013 per ton. Dengan bea masuk yang lebih murah, ada insentif atau penyemangat bagi dunia usaha di negara India untuk mengimpor lebih banyak lagi CPO.

Saat ini sejak di-data mulai awal tahun 2020 lalu, negara India adalah importir CPO terbesar nomer satu dunia. Tahun lalu, import CPO India mencapai sekitar 8,7 juta ton.

Kenaikan harga CPO pada saat ini merupakan kabar baik dan akan sangat mempengaruhi iklim dan kinerja perekonomian Indonesia khususnya di industri perkebunan kelapa sawit dan pabrik pengolahan minyak kelapa sawit mentah. Tentu saja, CPO adalah komoditas andalan ekspor utama negara Indonesia selain komoditi batubara dan yang lainnya.

Semoga berita ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih dan sampai bertemu di informasi berita komoditi berikutnya. Salam sehat dan sukses.

Sumber berita https://www.cnbcindonesia.com/

1 komentar untuk "Kabar yang baik kenaikan harga CPO awal bulan februari 2021 "