Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya, Aplikasi Barcode Scanner ini menjadi Malware yang Mengganggu

Kaum digital yang budiman..

Pemindai kode QR pada zaman sekarang ini sangat dibutuhkan oleh setiap orang yang menggunakan android. Di wadah Google Play Store terdapat satu aplikasi yang cukup populer dan terkenal yang sudah diunduh hampir jutaan kali sampai terakhir muncul di Google Play Store. Aplikasi tersebut bernama Barcode Scanner. Dan ternyata dalam aplikasi Barcode Scanner tersebut terdapat Malware. Berita ini telah dilaporkan oleh firma keamanan siber Malwarebytes. Menurut laporan terbaru yang mereka sampaikan, bahwa aplikasi Scanner Barcode dengan versi yang terbaru pada bulan desember 2020 buatan dari “Lavabird Ltd” ini ternyata terdapat malware. Dan bisa dibedakan ini bukan aplikasi Barcode Scanner buatan “Zxing Team”. Jadi Malware tersebut merupakan jenis Trojan yang mempunyai nama Android/Trojan.HiddenAds.AdQR. Pihak Google telah menghapus dari dari Google Play Store.

Sumber : Pixabay.com

Pengguna aplikasi tersebut disarankan untuk menghapus atau uninstall di smartphone mereka. Karena Barcode Scanner yang mereka gunakan dengan versi yang terbaru telah menjadi malware. Hal ini sangat mengganggu dan menjadi aplikasi yang secara terstruktur akan memaksa penggunanya untuk melihat tampilan iklan yang berasal dari website atau situs dari pihak ketiga.

Nah, ketika tiba-tiba muncul sebuah iklan berupa tampilan jendela pop-up, pengguna akan diarahkan secara paksa agar menekan iklan tersebut supaya menuju website atau situs dari pihak ketiga yang diiklankan. Yang sungguh menjengkelkan adalah halaman iklan tersebut tidak bisa hilang dari halaman browser pengguna, dan parahnya lagi pengguna pun tidak bisa kembali ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol balik arah/ back. Satu-satunya cara yang paling efektif adalah menutup halaman atau tab yang ada kemudian memulai dengan membuka tab yang baru. Atau menutup semua halaman browser dan memulai kembali browsing dari awal.

Saat ini aplikasi Barcode Scanner buatan Lavabird Ltd sudah tidak ada di dalam Google Play store. Jika ada pengguna yang sudah terlanjur dan melakukan versi pembaharuan pada desember tahun lalu segera hilangkan aplikasi tersebut secara manual. Bila pengguna tetap ingin ada aplikasi Barcode Scanner di dalam smartphone-nya, banyak pilihan beberapa aplikasi Barcode Scanner yang aman dan juga populer yang telah diunduh jutaan orang dari Google Play Store. Salah satunya adalah Barcode Scanner yang dibuat oleh Zxing Team.


Sumber : Play Store App

Pengguna Android harus waspada akan bahaya malware yang siap kapan pun mengintai dan menyerang smartphone mereka. Untuk melindungi dari bahaya tersebut pengguna bisa menggunakan aplikasi Scanner/ Pemindai virus atau malware.

Sekian informasi penting yang saya sampaikan mengenai bahaya Aplikasi Scanner Barcode buatan Lavabird Ltd ini. Semoga bermanfaat. Salam sukses dan Salam Sehat. Bravo.


2 komentar untuk "Bahaya, Aplikasi Barcode Scanner ini menjadi Malware yang Mengganggu"