Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan RAM di Android dan Iphone dengan mudah

Kaum digital yang budiman..

Random Access Memory ( RAM) merupakan komponen yang ada di dalam Hp atau ponsel Android dan iPhone kita. Semakin banyak aplikasi secara bersamaan dibuka maka performa RAM akan semakin lambat. Agar supaya performa RAM ponsel Android dan iPhone kita dapat bekerja kembali seperti semula maka ada beberapa cara untuk mengatasinya.

A. Membersihkan RAM di ponsel Android 

Cari menu "Memori" di pengaturan ponsel kemudian menampilkan detail penggunaan RAM. Setelah itu lakukan langkah – langkah sebagai berikut :

1. Menghapus aplikasi yang tidak digunakan

Kita bisa membuka "Setting" kemudian pilih "Apps" atau "Application Manager" untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan lagi. Kemudian ketuk "Uninstall" pada aplikasi yang akan kita hapus tersebut. Memang ada beberapa aplikasi yang tidak bisa dihapus dari ponsel Android kita. Gunakan menu "disable" secara paksa jika kita memerlukan untuk menghentikan aplikasi tersebut.

Sumber : leskompi.com

2. Memasang aplikasi alternatif yang tidak rakus RAM

Mencari beberapa alternative aplikasi di ponsel Android kita yang tidak menghabiskan banyak sumber daya. Misal aplikasi Facebook bisa diganti lewat situs web Facebook, saat diperlukan. Memang akan kehilangan sejumlah fitur. Akan tetapi menghemat baterai dan ruang RAM pada ponsel Android kita.

3. Sistem operasi atau software ponsel diperbaharui

Agar perangkat lunak tetap up-to-date dan juga bisa menjaga kinerja ponsel agar tetap prima, maka sistem operasi/ software ponsel  harus diperbaharui. Dengan cara buka menu "Setting", kemudian gulirkan ke bawah menu dan pilih "system updates", lalu ketuk "Check for Updates" dan instal pembaruan.

4. Jangan gunakan aplikasi "pembersih RAM" 

Memang di Google Play Store ada banyak aplikasi yang diklaim bisa membersihkan RAM dengan cepat. Akan tetapi tak jarang aplikasi yang malah membebani RAM bahkan tidak berfungsi sebagaimana mestinya.


B. Membersihkan RAM di iPhone

Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu salah satu aplikasi paling populer adalah "System Status" kalau ingin memantau penggunaan RAM pada Hp iPhone. Bisa juga membersihkan RAM usage di Apple dengan beberapa cara sebagai berikut :

1. Secara berkala iPhone harus direstart

Dengan merestart artinya mematikan iPhone, sehingga aplikasi yang berjalan akan dihentikan dan RAM akan lebih ringan (misal: restart tiap hari atau dua hari sekali). Kita langsung saja menekan atau menahan tombol power lalu geser menu dengan jari kita maka iPhone akan mati. Bisa kita nyalakan lagi Hp iPhone kita setelah sepuluh detik berlalu.

2. Lewat Tombol Power RAM Dibersihkan

Trik ini dilakukan pada iPhone yang masih memiliki tombol "home" fisik dengan menekan dan tahan tombol daya hingga slider muncul lalu tekan dan tahan tombol Home dalam waktu 5 detik saat slider power muncul.

3. Hapus Aplikasi yang tidak digunakan

Dengan menghapus beberapa aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi kita akan mendapatkan ponsel dengan kinerja yang lebih baik lagi. Tinggal pilih aplikasi yang ingin dihapus lalu tekan ikon aplikasi dan ditahan hingga muncul tanda X untuk menghapus.

4. Beberapa efek harus dimatikan

Yang membuat kinerja iPhone model lama lebih lambat adalah beberapa efek dan transisi menu di iOS. Bisa dinonaktifkan agar kinerja iPhone meningkat. Cukup buka pengaturan pilih "general", dan tap "Aksesibilitas" lalu ketuk "Reduce Motion", aktifkan kemudian kembali ke menu "Aksesibilitas" dan pilih "Increase Contrast" dan ketuk toggle "Reduce Transparency" selesai.

Demikianlah cara Membersihkan RAM di Ponsel Android & iPhone. Semoga bermanfaat bagi semua. Salam sehat dan sukses. Bravo..


Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan RAM di Android dan Iphone dengan mudah"