Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga CPO Turun Karena Sentimen Negatif Dari India

Firdipedia.com - TETAP OPTIMIS, Ada sentimen negatif yang datang berasal dari India, yang menyebabkan pada hari Rabu 03/02/2021 harga kontrak CPO Malaysia turun mencapai lebih dari 3%.

Berita informasi yang dikutip dari The Star hari Selasa 02/02/2021, Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman bahwa India merupakan salah satu negara importir minyak sawit mentah CPO dari Indonesia,  akan memberlakukan berupa pajak tambahan impor CPO-nya mulai tahun 2021 ini. 

Sumber : jakartaglobe.id

Pada kesempatan tersebut Nirmala Sitharaman menyatakan bahwa adanya pemberlakuan pajak tambahan atas kegiatan impor minyak kelapa sawit CPO ini karena saat ini India mulai mencoba meningkatkan dan mendirikan infrastruktur bidang pertanian dalam negeri, dan tentu seiringan dengan peningkatan SDA dan SDM yang ada di negara India tersebut.

Nirmala Sitharaman menyatakan bahwa India memangkas pajak dasar impor minyak sawit mentah CPO dari sebelumnya 27,5% menjadi 15%, tetapi memberlakukan kebijakan baru berupa pajak tambahan sebesar 17,5% secara terpisah.

Dengan adanya kebijakan baru tersebut, tentu hal ini sangat riskan dan berpotensi menekan harga minya sawit di Indonesia dan Malaysia. Bahkan seperti penjelasan diawal bahwa harga kontrak CPO Malaysia turun mencapai lebih dari 3%.

Harga kontrak CPO di indonesia sendiri sebelumnya naik sejak akhir november 2020 sejak India memotong pajak impor CPO-nya.
Harapan nya tahun 2021 ini harga CPO di indonesia tetap stabil walau bisa saja terkoreksi dengan adanya berita sentimen negatif.

Semoga berita ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih dan sampai bertemu di informasi berita komoditi berikutnya. Salam sehat dan sukses..

Sumber berita https://www.cnbcindonesia.com

Posting Komentar untuk "Harga CPO Turun Karena Sentimen Negatif Dari India"