Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kabar Baik ! Inilah yang Menyebabkan Harga Batubara Naik Lagi

Firdipedia.com – KABAR BAIK, Awal februari 2021 ini harga batubara berhasil naik kembali bahkan mencapai rekor tertinggi saat ini. Saat sebelumnya pada bulan Desember 2020 terjadi lonjakan volatilitas tajam untuk harga batubara, bahkan bisa dikatakan terjun bebas.

Hari Jumat 05/02/2021 pekan lalu harga kontrak berjangka batubara termal ICE Newcastle terjadi peningkatan sebesar 4.41% mencapai US$ 84/Ton. Sedangkan di akhir Januari harga kontrak batubara sempat turun mencapai level harga US$ 80/Ton.

Salah satu faktor penyebab naiknya harga batubara adalah adanya lonjakan permintaan dari Negri tirai bambu – China. Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek dan kondisi cuaca ekstrem pada musim dingin, konsumsi pemakaian listrik di China menjadi meningkat dan menjadi kebutuhan yang sangat penting. Akan tetapi naiknya konsumsi pemakaian listrik ini tidak sejalan dengan jumlah stok batubara yang ada. Hasil produksi pertambangan batubara yang ada di China sendiri belum mencukupi dan lebih lambat daripada jumlah permintaannya. Akibatnya harga menjadi naik.

Sumber : Dok. pribadi

Pemerintah China berusaha untuk mengencangkan dan mempercepat produksi dalam negeri agar bisa menurunkan harga yang sudah naik. Bahkan untuk menggeber aktifitas produksi dalam negeri, mereka mengimpor besar-besaran dari negara-negara penghasil batubara kecuali dari Australia.

China tidak menerima dan memboikot produk impor dari Australia termasuk batubara dikarenakan terjadi ketegangan akibat masalah Covid-19, yang merasa China dianggap sebagai biang kerok dan dalang atas masalah pandemi Covid-19 yang terjadi hingga saat ini.

Dikarenakan hubungan antara China dan Indonesia sedang harmonis, Faktor ini yang membuat China lebih memilih untuk impor batubara dari Indonesia. Indonesia lebih memilih untuk ekspor batubara nya ke China, sedangkan Australia sendiri condong untuk ekspor batubara nya ke India. Kenaikan harga batubara Newcastle dan jumlah kuota impor yang diperbanyak oleh China membuat Harga Batubara Acuan – HBA dalam negeri menguat.

Sumber : minerba.esdm.go.id

Dikutip dari website minerba.esdm.go.id pada hari senin 08/02/2021 untuk Harga Batubara Acuan mengalami kenaikan tajam menuju posisi US$ 87.79/Ton, atau terjadi kenaikan dibandingkan dari posisi sebelumnya pada bulan Januari 2021 yaitu pada posisi US$ 75.84/Ton.

Sinyal kenaikan ini diyakini bakal terjadi tahun 2021 ini terutama pada komoditas pertambangan. Selain yang dijabarkan diatas, faktor lainnya disebabkan dari suku bunga acuan yang rendah, melemahnya dolar AS, peningkatan produksi dan pembangunan infrastruktur di negara-negara lain.

Semoga berita ini bermanfaat dan menambah wawasan anda. Terima kasih dan sampai bertemu di informasi berita komoditi berikutnya. Salam sehat dan sukses.

Sumber berita https://www.cnbcindonesia.com

1 komentar untuk "Kabar Baik ! Inilah yang Menyebabkan Harga Batubara Naik Lagi "